Senin, 18 November 2013

surat dari jauh

oleh Budi Fedder

Assalamualikum Wr Wb,pertama-tama saya haturkan rasa syukur saya kepada Allah Awt atas hidayah, barokah yang di berikan kepada saya, atas ridhonya saya bisa menulis sesuatu yang mungkin berguna untuk fans2 Koil di seluruh alam semesta,,,

                Saya sebenarnya pertama tau koil sih kelas dua SD waktu itu kaka saya Punya kasetnya yang self title dari artwork covernya saya bisa  bisa menangkap kalu band yang kurang populer pada saat itu adalah beraliran garang,,,dan begitu saya setel kaset nya pada tape jadul saya pada waktu itu, benar saja lagunya kurang ngeh di dengar,,, maklum waktu kecil masih tergila gila pada pesona enno lerian dan kurt cobain yang padahal belum ngarti tea kurt cobain teh sapah,,,,

                Singkat kata singkat cerita saya sudah aqil baligh tepatnya kelas dua SMA saya mulai melihat lagi band yang dulu pernah saya liat kasetnya waktu kelas dua SD tea,, ternyata band si KOIL yang tiap saya pulang sekolah selalu nongol di MTV dengan video clipnya mendekati surga dan kita dapat diselamatkan masih kencang-kencangnya nongol di layar TV,, tapi kulantaran saya pada waktu itu tergila-gila pada musiknya the beatles dan band band hip metal semacem Korn dan limp bizkit,,, jadi Si Koil teh belum saya hiraukan, walaupun ketika itu saya liat musiknya beliau2 di Koil itu cukup aneh di dengar dan penampilan panggungnya di acara miladnya MTV cukup menggegerkan otak kiri dan otak kanan saya,,, tapi tetep sajah masih belum lope death sama band yang satu initeh,, singkat kata lagih pada medio 2007 an akhir tepatnya ketika sayah sudah lulus kuli’ah saya mulai mendengar bahwa si band koil teh membikin album baru lagi,, tapi entah apa nama albumnya dan lagunya gimana masih belum tau,, 

ketika itu posisi saya sama Allah masih di tempatkan di posisi pengangguran dan belangsak banget, jadi ga kepikiran ke warnet atau beli cdnyah da balangsak tea, pada suatu saat saya teh  pergi ke tetangga saya yang anak gaul di daerah ujungberung bandung, kalo sayamah di ujungberungnya kurang gaul maklum anak DKM masjid baiturohim,,, hehe. nah dari teman saya itulah untuk pertama kalinya saya poling in lope pada KOIL,, kebetulan teman saya lagi dengerin musik dikamarnya yang cihuy,,, di set play listnya ada tiga lagu KOIL yang terpasang yaitu Kenyataan dalam dunia fantasi, Aku lupa luka luka dan nyanyikan lagu perang,,, pertama dengar ke tiga lagu tadi saya langsung speaclesh aduh emak gusti ieu lagu naon meni edun kieu (aduh tuhan ini lagu apah ko dasyat banget), sound gitarnya tebal, suara drumnya megah, suara vokalnya sexy awwww,,dan lirik yang provokatif mengundang adrenaline sayah  untuk lebih semangat lagi dalam menjalani hidup yang tidak jelas ini,,, maklum saya pengangguran yang sangat belangsak yang kerjaanya cuman ngaheurinan (menuh menuhin) ujungberung sajah, mulai dari sinih lah hidup sayah di penuhi yang namanya embel2 KOIL, 

tapi maaf saya fans yang sederhana sekali pada waktu itu, tidak punya merchandisenya ,bajunya apalagi da mararahal tea,, kalo ada konser juga saya jarang sekali liat da terlilit masalah ekonomi tea,,, tapi saya tidak pernah menyerah dengan kekurangan saya yang satu ini.saya tetep berusaha menjadi fans yang exsis walau hanya mendengarkan lagunya sajah lewat compact disc,,,, dari sini saya mulai menabung sedikt demi sedikt untuk memenuhi kebutuhan melihat konser KOIL,,, 

konser Koil pertama yang saya liat adalah waktu di Sabuga kalo ga salah acaranya Indiefest LA light pada tahun 2008,, saya tidak seperti fans KOIL yang lain yang membentuk satu komunitas atau berkomunal melihat band kesayangan mereka, kalo saya selalu sendiri melihat konser pertunjukan band kesayangan saya itu,, di karenakan teman2 seangkatan saya udah pada dewasa dan tidak rock n roll lagi karna sudah banyk mikirin soal dapur,,, hehe. kesan pertama saya melihat band kesayangan saya ini cukup keren dan cihuy, kesan dark dan megah cukup terpancar,,, tapi sayang suara om otong agak fals dan mengecewakan, tapi tak apalah semuanya tertutup oleh kharisma beliau sebagai vokalis kenamaan ibu kota, dan mulai saat itulah bila ada konser koil main kalo punya duit dan ada sumur diladang saya selalu menyempatkan waktu untuk menonton KOIL.,, 

akhirnya konser demi konser saya kunjungi kalo kebetulan punya rezeki,, dari sekian banyak konser koil yang saya liat konser di fame station yang bertajuk lope+hate yang paling berkesan di hati maupun di otak sayah,,,, kenapabisa begitu? karna perjuangan untuk melihat konser itu tdklah mudah,,, konser yang di selenggarakan pada medio februari 2008 kalo tdk salah ialah konser yang penuh darah dan air mata,,, bagaimana tidak dengan tiket 50 rb rupiah adalah tiket yang tergolong cukup mahal bagi sayah pengangguran ibukota jawabarat ini,, belum lagi diselenggarakan tengah malam dan jauh dari rumah sayah… tapi semua itu bukan halangan dan bukan hal yang patut dikeluhkan,,, setelah saya hitung2 dompet saya tdk cukup untuk memenuhi hasrat saya yang satu ini,, akhirnya singkat kata saya mendatangi ibu saya dan meminta cincinnya untuk digadaikan dahulu ke pegadaian salah satu perusahaan milik Negara yang bermoto mengatasi masalah dengan masalah,,, hehehe.,, walaupun ibu saya mencaci maki dan membentak bentak saya dengan sumpah serapahnya,,, akhirnya permohonan saya di ACC juga,,, dan cincinnya di bandrol 200 rb oleh pegadaian,, suatu harga yang menggiurkan untuk menonton koil,, terimakasih Ibuku yang rock n roll,,, 

akhirnya saya bisa melihat Om otong dan kawan2 di fame station dengan bermodalkan Ojeg sewaan milik kang asep dari sukamulya,,, tapi pengorbanan saya tidak sia-sia saya disuguhkan konser yang bukan main Pol sekali,,, saya hampir tidak bisa berkata kata melihat aksi panggung om otong yang menawan dan celetukan – celetukanya yang rada garing tea,,,!
Itulah periode awal fase hidup saya sebagai penggemar Koil yang alakadarnya,,,,,

Setelah semuanya berlalu akhirnya masa pengangguran saya berakhir dengan pengalaman tiga tahun menganggur dan hampir mendapatkan paklaring penghargaan dari wali kota sebagai best Jobless of the year,,,hehehe..

Alhamdulilah berkat ridho Allah SWT saya diterima sebagai salah satu Pegawai Di instansi pemerintahan Negara,, ini tak lepas dari do’a  orang tua saya apalagi ibu saya yang jengah melihat anaknya yang semakin ga jelas,,, hehehe,, dan yang paling ajaib tak lepas juga dari pengaruh band favorit saya Koil dimana liriknya tertanam dan memacu hidup saya untuk terus berusaha dan berdoa kepada tuhan dimana tertuang dalam lagu nyanyikan lagu perang,,,, Nah disinilah tolak balik fase hidup saya dari serba kekurangan menjadi serba bersyukur dengan apa yang ada,,,, dari sinilah juga diri saya menganggap bahwa saya itu die hardnya KOIL ,,,karna pendapatan saya di pekerjaan saya cukup lumayan untuk ukuran pemuda cihuy seperti saya maka sejak gaji pertama saya sering membeli merchandisenya koil dari baju kaos, topi, jaket, kaset-kaset yang back issue saya beli semua,,, maklumlah ketika dulu saya menggagur saya hanya bisa menelan ludah bila melihat bandrol2 merchandise Koil,,, mumpung bujangan jadi saya puas2 sin membeli obsesi saya yang tidak terbeli dulu,,,,

Waktu telah banyak berlalu,,, banyak konser2 koil yang saya lewatkan karna kebetulan saya bekerja di luar pulau,,, tepatnya di Sulawesi tengah,,, tapi itu semua tidak menyurutkan  niat saya  untuk menonton konser koil walaupun harus menyebrangi pulau,,, konser yang sayang sekali dilewatkan adalah konser tunggal koil februari 2011 di sabuga bandung,,dengan segala perbekalan dan segala kekurangan,,, akhirnya saya memutuskan untuk  kabur sementara dari instansi tempat saya bekerja untuk pulang ke bandung menonton konser tunggal koil walaupun resikonya saya bisa disidang kode etik kepolisian yang kebetulan saya bekerja di instansi kepolisian,, saya tidak peduli niat saya sudah bulat, dan tidak peduli berapa uang yang saya keluarkan untuk konser yang satu ini,,, 

singkat kata akhirnya tiket peasawat pulang pergi saya kantongi demi konser yang satu ini saya rela di jauhi ibu saya 3 minggu karna anaknya bela2 in pulang hanya demi konser koil bukan karna Ibunya,,, hehe,, dan saya juga rela di anggap kurang waras oleh teman saya,, yang hanya demi konser band ga jelas bagi mereka saya rela membuang waktu, materi dan tenaga yang tidak sedikit,,, tapi saya tetap tidak peduli dan memutuskan tetap berangkat karna saya yakin banyak kebahagiaan yang tidak bisa di beli dengan apapun termasuk hal yang satu ini,,, karna saya beranggapan bahwa setelah hidup ini saya akan merasakan hal yang luar biasa menyenangkan,,, hidup saya memang bagaimana saya senang apa tidak orang lain tidak akan merasakan (hirup aing nya kumaha aing weh ngenah atawa henteu urang nu ngarasakan moal maneh)… hehe  …akhirnya saya tiba di konser tersebut,, ,konser KOil yang paling megah yang pernah saya liat,,, tata cahaya yang memukau, sound yang menggelegar,, dan para backing vocal yang aduhai,,, 20 lagu kurang lebih digeber dengan skill yang paling edan yang ditunjukan para personil Koil yang pernah saya liat ,,,memang tidak sia-sia saya datang jauh2 dari pulau seberang sanah,,, memang pertunjukan yang paling greatestlah yang pernah Koil tampilkan,,,

Saya pulang dengan hati riang dan gembira tak terbantahkan sedikitpun,,,

Cerita selanjutnya ialah cerita dimana koil akan konser di makasar,, entah kebetulan apa tidak memang saya dari kecil bermimpi untu mendatangi kota yang satu ini, ,karna saya punya Obsesi untuk berziarah ke makam pahlawan idola saya pangeran diponegoro yang kebetulan dimakamkan di Makassar,,

Dayung pun bersambut,,, akhirnya Koil konser disana,,, dan sayapun tidak mau ketinggalan untuk melihatnya,,, akhirnya saya pun terbang dari kota palu ke Makassar untuk band idola saya yang satu ini,,, kebetulan disana saya tidak mendapatkan teman seperjuangan dari bandung,,, tapi mendapat treman seperjuangan dari solo yaitu bung ardan henry,,,, dari sekian banyak diehard koil saya cukup bersyukur bisa melihat koil main di acara ini,,, karna hanya kita berdualah perwakilan penonton dari jawa yang ada di Makassar,,, ya wajar sajah dengan jarak tempuh yang sangat jauh mungkin rekan2 di bandung dan sekitarnya tidak dapat nonton konser yang satu ini. 

Walaupun animo dari warga Makassar tidak seheboh masyarakat di jawa,,, tapi koil tidak menurunkan penampilan panggungnya sedikitpun,,, di tambah para sexy dancer yang aduhai,,, lengkaplah keceriaan mata saya menonton konser yang satu ini,,, walaupun setelah konser ini selesai personil koil yang saya tunggu2 untuk meminta photo tak kunjung tiba,,,, dan saya memutuskan pulang dengan senyuman manis dan rasa terimakasih yang sangat kepada Allah,,, karna atas Ridhonya saya masih diberi nafas panjang untuk melihat konser band kesayangan saya dari kelas dua SD ini.,,

Ada pepatah bilang Do’a orang teraniaya suka terkabul entah kebetulan atau tidak ke esokan harinya di bandara hasanuddin makasar saya bertemu rombongan Koil,,, tak pakai lama saya langsung menghampiri dan langsung meminta photo bareng mereka,,, inilah makna dari lagu apa yang kita percaya,,, karna saya yakin dan percaya bahwa apa yang saya yakini kalo kita berusaha pasti akan tekabul,,, karna bagi saya Photo bareng personil koil adalah sebuah mimpi fantastis yang menjadi kenyataan.

Bukan kepalang bahagia sekali saya pada saat itu,,, memang hidup saya ini sperti cerita laskar pelangi yang percaya dan yakin pada mimpi2 yang mungkin menjadi mungkin asal kita selalu berdoa dan ber doa ditambah usaha yang ikhlas,,, karna sesuai dengan sebuah hadis,,, bila kalian memiliki berdoalah dan yakinlah  kamu kepadaKu maka akan ku kabulkan keinginanmu, dan apabila kamu tidak berdoa maka kalian temasuk orang-orang yang sombong.,..

Saya mengutip hadist tersebut tak lain dan tak bukan hanya untuk berbagi pengalaman akan pentingnya do’a…. tidak ada niatan menggurui atau menceramahi,,, saya hanya menulis pengalaman saya menjadi Fans Koil sampei detik ini,,, karna band tersebut sangat memberi aura positif dalam hidup saya dan mereka juga pahlawan untuk hidup saya selain Ortu, kelurga dan teman2 saya,,, terima kasih koil untuk semangatmu yang selalu menyeman gati saya untuk tidak menyerah dalam segala hal,,               truslah buat karya2 yang menginspirasi setiap orang,,, akan saya ambil saripati positfmu dan akan saya kubur saripati negative mu…. akhirullkalam wabilahi taufik walhidayah  assalamualaikum Wr, Wb…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar