Senin, 18 November 2013

Interview Patra

oleh Jaka Kandaga

saya mengenal patra sejak 2008/9an, dikenalin pakranger di omu, dulu ngobrolin tentang pameran komik tentang koil kalo ga salah.. jika kamu datang ke konser sabuga dan menemukan lorongzine edisi cetak, patra-lah yang membuat artwork di kovernya. gambar robot yang dia beri judul senyawa mesin. rencananya gambar tersebut mau disablon, mudahmudahan kamu beli yah hehe..

[pertanyaan]
perkenalkan diri patra dong..
Nama lengkap Patra Aditia, dipanggilnya Patra. Hobi mengkoleksi lagu2an, komik, animasi, buku, dan rorobotan. Loba nyak? Iya, makanya susah kayaraya.. 

nama panggilan..?
Ya itu tadi, Patra

ke hammersonic dateng bareng siapa..
pacar dwooonk!

bagaimana kelanjutan hasrat untuk mengadakan pameran seni rupa (atau komik?) 'tribute to koil' ?
Hasrat masih menggebu-gebu pisan! Sekarang sedang menyiapkan “sesuatu” yang diharapkan terealisasi dalam waktu dekat, smoga bisa jadi percontohan untuk mengundang partisipan. Kalo bentuknya udah nampak, pasti pihak LorongZine yang dikabarin pertamakali..

kalau acara itu jadi dibikin, kirakira akan seperti apa acaranya
So far yang kepikiran adalah menjadikan Koil sebagai stimulus kreatif untuk berkarya. Dari situ kan bisa tercipta macem-macem karya dengan variasi media dan pesan. Bisa asik tah melihat bagaimana Koil dimaknai oleh tiap-tiap kreator. Kalo format acara secara abstrak siy, selama momen pajang karya bisa jadi ada band-band tribute Koil berkontribusi. Jadi semacem malam tepang sono bertema Koil meureun nyak?

pertama kesambet musik koil sejak kapan, kenapa bisa
Kesambet nyak? Pas album Megaloblast siy, tapi pertama denger mah yang album Self-Titled, yatapi waktu itu sekedar tau aja. Kalo Megaloblast awalnya denger di rumah temen, waktu itu gw sangat-sangat tersihir, “Taah! siga kieu atuh lamun nyieun band teh!” Kira-kira gitulah kesan yang muncul pertama kali. Langsung hari itu juga ke Aquarius, soalna inget ada poster Megaloblast putih gambar kupu-kupu ditempel di kaca depan toko. Hal lain yang tidak terlupakan waktu itu adalah performa mereka di panggung, soundnya suka ga jelas tapi itu KOIL gituloh, dan cuma itu yang penting. Dulu sempet ada acara music di Bumi Sangkuriang dan panasnya luar biasa, sepanjang band-band lain maen, penonton itu cuma duduk di pinggir yang teduh, tapi pas Koil maen, semua orang langsung berdiri menyemut di depan panggung, rela berpanas2an..edan, buat gw itu magis banget!  Dan seumur-umur baru pengen beli sepatu pas liat KOIL pake newrock..hahahahaha..

ada momen yang sentimentil ga yang berhubungan dengan koil, atau musiknya
Sepanjang 4 taun, kaset Megaloblast terus muter di mobil gw, sampe yang nebeng apal semua, yang gak suka jadi suka, kalo lg pedekate jejelin Megaloblast ajaa, sabodo amat suka ato gak…hahahaha. eh itu termasuk sentimentil gak?

ceritain lagi dong, tentang artwork 'senyawa mesin' 
Sebenernya artwork itu lebih bagaimana gw menangkap spirit lagu-lagu Koil dalam visualisasi mekanikal yang kompleks dan robotik. 

selain artwork tsb, ada lagi karya yang terinspirasi dari musik koil ? atau pernah ngegambar muka si vokalis mungkin...
Bisa dikatakan Koil “ada” dalam artwork-artwork gw. Kenapa? Karena gw suka banget ngegambar mesin/robot dan apapun yang berbau sci-fi, dan buat gw Koil kalo divisualkan seperti itu. Lebih jauh, yang gw suka dari lagu-lagu Koil itu adalah bunyi2an yang dikombinasikan dengan lagu gelap dan lirik sendu. Kombinasi itu mengingatkan gw sama mesin dan kondisi orang-orang yang larut dalam teknologi digital, mereka seakan-akan sudah sangat bersatu dengan digital teknologi itu. Menurut gw nantinya mesin (apapun bentuknya) bakal jadi semacam kepercayaan baru, nantinya manusia bisa menterjemahkan konsep kepercayaan melalui logika mesin. Sekarang aja teknologi robotik berusaha sebisa mungkin mirip manusia, di sisi lain, manusia malah sering mengeluh kalo mereka ngerasa kaya robot karena rutinitas sehari-hari, jadi robot/manusia itu apasih? Kapan ada titik lebur diantara dua itu? Ya hal-hal semacam gitulah.

Ada momen dimana kalo beli di Sultan Agung (dulu masih Omuniuum) dapet kantong plastik yang gambarnya  robot2an Five Star Stories, gatau tuh sebenernya ada hubungannya ato gak sama lagu-lagu Koil secara langsung, tapi secara kesan sih gw suka.  

influences dalam menggambar..
Banyak pisan! Tapi influence terbesar dari komik,film, dan animasi sci-fi, terutama tema robot dan mesin-mesinan. 

soundtrack pas menggambar paling pas apa ?
Gimana mood siy, gak ada yang spesifik. Makanya sedia mp3 yang lobaa..hehehehe..

menurut kamu, artwork koil bagus ga .. dari 5 star, dapet berapa star ?
Koil itu berhasil mencitrakan mereka sendiri sehingga muncul visual-visual yang sangat KOIL. Salah dua contohnya adalah kover Megaloblast dan foto-foto di Rolling Stone yang jadi zombie(?), itu ngasih visual impact yang gede buat orang yang ngeliat sehingga selalu inget sama Koil.

dari album awal sampai sekarang, favoritnya yang mana
Megaloblast favorit, tapi Blacklight itu memberikan sensasi tersendiri. 

biasanya berkarya di media apa saja? di tembok osok ?
Osok atuh, kan mimiti ngagambar oge di tembok. Kalo sekarang sih digital dan, terutama manual.

siapa figur yang paling pas untuk jadi manajer persib ?
Saha we lah asal juara.

lulusan mana pat? menggambar sejak kapan
Lulusan mah FSRD ITB. Menggambar sejak kecil..katanya siyh gitu, gak inget juga. 

paling enak menggambar di jam berapa...
Enak menggambar itu buat gw itu kalo sepi! Jam berapapun asal sepi. Jadi ya gw kalo mau ngegambar itu gw ke studio karena ga banyak orang tapi deket sama tempat2 makan (eh??).

karya patra bisa dilihat di mana ? (minta link)
jurigsawah.deviantart.com

di tiap albumnya, selain di musik, si koil selalu berbeda dalam tema liriknya.. kamu lebih suka sama lirik di album mana.. kenapa.
Blacklight itu liriknya bagus. Lagu-lagu kaya “Cinta Kita Terlupakan” itu memberikan sensasi yang aneh dan pengen menyimak liriknya berulang-ulang. “Lagu Perang” itu contoh lagu yang cocok dinyanyikan pas upacara bendera. Kalo Megaloblast lirikna teu ngarti tapi keren..hahaha..

majalah yang biasa dikonsumsi tiap bulannya apa
Jarang baca majalah, tapi suka kebablasan blanja buku di Amazon..hehe

juara ligachampions tahun ini kira-kira siapa
AC Milan masi aya teu?

naha ?
Bajuna alus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar