Senin, 18 November 2013

mengenal koil

oleh Shinyo Bastian

Menurut saya syarat utama menggemari sebuah penyanyi/grupband adalah mengkoleksi albumalbumnya yang asli, jadi bo’ong banget kalo orang bilang ngefans Koil tapi CDnya beli bajakan, ato orang pake kaos Koil tapi liriklagunya masih nanya mbah Google, ibarat pacaran saya gamau diberi cinta palsu meskipun dari segipengucapan sama: c.i.n.t.a.

Sekitar taon 2002 waktu nonton MTV tibatiba saja ada grup band yang namanya Koil tampil dengan vidklip “Mendekati Surga”, kala itu langsung saya jatuhcinta sama Koil, jatuhcinta pada pandangan pertama lah kalo istilah A. Rafiqnya, sumpah benerbener penasaran langsung nyari albumnya, sebelumnya saya meyakini kalo di kota saya yang samasekali tidak metropolitan gak bakalan nemu album Koil, penjual kasetnyapun gak bakalan kenal, terbukti memang gak satu tokokasetpun yang tau Koil, sampe keduluan vidklip kedua “Dosa Ini Tak Akan Berhenti” tayang pula dari album yang sama ‘Megaloblast’, semakin jatuhcinta dan memuncak rasa penasaranku sama album yang semula kuanggap album pertamanya Koil itu.

Akhirnya Surabaya-lah jadi tujuan pencarian, 3 Mei 2003 baru punya kesempatan, jelang berangkat seorang mantan [yang sekarang bersuamikan seorang Killer pula dan dikaruniai KoilKillerKid yang cantik dan lucu] telvon, mungkin pengen ngajak balikan tapi gatau harus mulai darimana :: lagi apa? :: mo ke Surabaya :: ikut dong,boleh? :: yuuu :: tunggu di halte yes :: okok :: karna udah ga pacaran jadi gaenak minta dijemput di rumahnya, berangkatlah berdua naek bus sambil mengenang asmara kita. Dari beberapa tokokaset cuma di Disctara saya menemukan album yang saya maksud di atas, itupun tinggal satusatunya, beruntunglah saya, hampir saja saya peluk mantan saya yang ikut tersenyum merayakan kebahagiaanku, dengan alasan malu sama banyak orang kuurungkan saja niatku mending bayar ke kasir ajalah, tepat jam 14:27:07 struknya dicetak.

Dari album ‘Megaloblast’ itulah mulai kenal Koil, dari namanama personelnya hingga alamat surat maupun site-nya, sejak itu sering buka website-nya meskipun suka ngaco, kirim surat ajalah sekalian protes kenapa website-nya suka ngaco, agak lama juga om Le bales suratku, senangnya… padahal Cuma om Le yang nulis surat tapi yang tandatangan berempat: om Le, om Ot, om Don, sama om Imo, keren… kenapa begitu?mungkin om Le penulisnya, om Ot penanggungjawabnya, om Don penasehatnya, dan om Imo saksinya, tapi gapenting jugasi dibahas, yang penting dapet memorabilia kedua setelah kaset: tandatangan.

Awal November 2007, pas nganterin pacar baru waktu itu, ke tokobuku gatau ke Malang gatau ke Surabaya, lupa juga ke Gramed ato TGA, saya dikejutkan dengan majalah RollingStone edisi 31 “bonus Koil new album exclusive”, sempet gapercaya dengan pemandangan di depan matakepala saya sendiri karna uda lama ga nge-net jadi gatau kabar tentang itu, saya tekuk2 itu majalah, beneran kaku pasti ada CD di dalemnya. Lantaran ni cewe anak orang belom dikasi makan takut duitnya kurang jadi ditunda dulu beli majalahnya meskipun kepinginnya bukanmainmintaampun dan harus ke Malang ato Surabaya untuk beli majalah gituan karna –sekalilagi saya tegaskan— kota saya tidak metropolitan. Tepat ulangtaon saya yang kesekian 14 November 2007, saya menghadiahi diri saya sendiri sebuah tiket keretapi kelas ekonomi menuju Surabaya dan nantinya saya juga akan saya traktir sebuah majalah RollingStone dengan bonus CD “Blacklight”-nya Koil. Benarbenar kado ulangtaon yang sangat istimewa.

Setelah dengerin Blacklight yang bikin tambah jatuhcinta, jadi penasaran sama albumalbum terdahulunya Koil. Meskipun pernah denger beberapa dari internet tapi gapuas kalo gapunya bentuk visiknya. Pada 2008 kebetulan lagi di Jakarta, konon menurut berita yang berhembus di BlokM lantai dasar ada toko kaset underground paling lengkap, berangkatlah dengan modal paspasan, dan beneran banyaksekali kaset yang gak saya temui di toko kaset kebanyakan, karna vokusnya ke Koil jadi saya harus menutup mata rapatrapat seperti berdoa pas liat kaset NIN, Janis Joplin, SmashingPumpkins, Bjork, dll., yang mengganggu pikiranku, takut nanti malah Koil-nya terabaikan. :: Koil yang selftitled-nya baru tadi laku 150rebu, nih ada Megaloblast 50rebu aja de buat lo :: waduh yang itu uda punya tapi yang sampul item ::, gila, harga yang vantastis!!! gumamku dalam hati meskipun pengen jugasi buat koleksi biar punya yang item dan yang putih, menyesal ketika perjalanan pulang.

“Rocks in Orchestra with Koil – Bip – Slank” lapangan Rampal – Malang akhir 2008, karna disponsori Marlboro jadi dalam perjalanan dari pintu masuk menuju panggung 3x dicegat mbakmbak SPG Marlboro trus dikasi kuiskuis gitude kalo bener dapet CD Blacklight-nya Koil, dan ke33nya dapet semua, lumayan kan nonton Koil dapet bonus 3 CD Koil Blacklight Rocks in Orchestra yang ternyata pas nyampe rumah diputer samasekali persis Blacklight edisi RollingStone, beda sampul doang.

Beberapa hari setelah beredarnya rumor Blacklight bakal direpacked saya buka Omuniuum flickr ternyata uda ready, karna takut terjadi kelangkaan album Koil yang berujung penyesalan nantinya langsung deh sms teh Itbo minta dibungkusin Blacklight repacked plus Megaloblast yang dirilis ulang dalam bentuk CD, tanggal 25 Maret 2010 CD itu sudah ada di genggamanku.

Waktu nerima orderan kaos dari god.inc pada Oktober 2010 lagilagi dapet bonus, di paketan terselip CD Blacklight yang benerbener blacklight, gambar dan tulisan sewarna dengan warna dasar di sampul: hitam pekat, lengkap sudah koleksi Blacklight-ku.

Ternyata gak berhenti di situ, temanku yang seorang dokter hewan yang sedang kerja dan domisili di Bandung bermaksud memberiku kejutan, pas dia mudik sekitar Mei 2011 dia bilang: aku beliin kau CD terbaru Koil: Megaloblast, pasti kau belum punya :: itu mah aku uda punya 6 biji di rumah ::  tapi mas yang jualnya bilang ini album terbaru :: ya iyalah terbaru, orang Koil-nya belum bikin album lagi, kalo sampe 10taun lagi Koil belom bikin album berarti ini masih yang terbaru ::, lemaskecewa dia dan saya menyesal harusnya bilang gapunya biar dia seneng kejutannya berhasil, tapi ya sudahlah… dan inilah album yang paling mudah dapetinnya, sampe punya 7 biji: Blacklight.

Dan hingga sekarang album “A Demo From Nowhere”, “selftitled” dan “Caligula” belum juga kudapati vormat kaset ato CDnya, hanya dengar digital dapet dari download-an, atas saran om Ot jugasi supaya kita cari di internet, download, kopy, sebarkan, tapi jangan dibajak… nah lho?!?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar