Senin, 18 November 2013

KOIL...?

oleh : Megalomam

Waah... hampir semua lagu-lagunya tuh.. Saya suka banget! Keserasian antara: aransemen, vokal, dan sesekali diselingi serangkaian suara-suara lain (menyesuaikan tuntutan lagunya), begitu apik terprogram di computer, ditambah alunan keyboard dan gebugan drum Leon, terasa begitu kental! (Ibarat.. Kopi... yang pas banget adukannya..), tinggal disrusup panas-panas... wah... nikmat!

Awal mulanya saya tau Koil, dari Anak saya yang saat itu masih duduk di SMP. Berhubung ini Band indie, cassette & CD nya sulit dicari di Pasaran. Nah... setelah menginjak SMA, barulah Anak saya bisa mendapatkannya. Ibarat orang yang lagi kasmaran, setiap hari cassette & CD tersebut. selalu disetel tanpa mengenal waktu.
(Tadinya saya pikir, itu musik pemuja setan.. karena jenis musiknyayang belum pernah saya dengar, juga aransemennya yang lain daripada yang lain). Wah.. mulai kapan Anak saya mengenal ilmu Voodoo... ilmu yang tidak lagi memuja Tuhan, melainkan memuja Setan! (wah.. Kiamat!)

Ternyata : Ketika Anak saya tidak dirumah, saya yang malah ketagihan / koc musik itu ga' terdengar lagi ya? Diam-diam saya masuk ke kamar Anak saya, dan saya setel itu musik keras-keras. Lho... koc saya juga suka ?!

Kalau dicermati hampir semua lyrik lagunya dalem banget. Saya bisa menyelami semua yang tersirat dalam lagu-lagu tsb. Malah ada beberapa lagu, yang bagi saya amat sangat berkesan... seperti pada lagu :

> Semoga Kau sembuh :
Beberapa tahun yang lalu, saya merawat jasad seseorang (yang saya cintai), namun.. ketika orang itu sembuh... saya malah ditinggal begitu saja (walaupun akhirnya dia mati juga bersama ego'nya, tapi saya ga' sakit hati koc!).

> Lagu Hujan :
Pernah dalam perjalanan pulang, saya harus neduh di sebuah Toko Nisan untuk Makam. Saya ingat Lyrik Otong : Kutunggu lama hingga hujan reda; aku akan pergi ke tempat yang lain dari sini... Tapi saat itu yang ada di benak saya : Saya akan pergi dari tempat ini (Hii... jadi merinding sendiri, karena dimana-mana Nisan yang saya lihat), saya jadi ingat kuburan, ingat mati.

> Aku Lupa Aku Luka :
Kalau mendengar aransemennya dari bait Awal sampai mau masuk suara Otong... Saya merasa berada di jalan Tol, naik kendaraan sendirian, melaju cepat, lancar, nyaman... dan akhirnya nanti pasti akan selamat sampai tujuan... (seolah dapet ticket gratis menuju sorga).

> Karat :
Saya pernah merasakan Hidup yang sangat sia-sia... Merasa hidup tidak berguna, tidak berarti apa-apa.. tapi.. harus tetap hidup! (jadinya yha gitu deh.. hidup setengah mati! Hidup setengah, mati setengah).

> Rasa Takut Adalah Seni :
Saya yakin semua ujian yang Tuhan berikan, adalah mysteri kehidupan dan godaan religi.. Kalau kita kuat.. sabar dan ikhlas.. Pahala itu pasti ada. Jadi, jalani saja yang Tuhan berikan, Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan.

semua lagu-lagu tersebut membuat hidup saya lebih bersemangat, dan saya merasa tidak sendiri melewati hari-hari yang sangat panjang ini.

namun beda sekali dengan lyrik lagu pada :
> Sistem Kepemilikan
> Nyanyikan Lagu Perang
> Ajaran Moral Sesaat.. dan
> Kenyataan dalam Dunia Fantasi,
Waduh... Kritikannya pada Pemerintah sungguh begitu pedas dan lugas banget!

Saya berharap semoga Koil tidak akan ditangkap oleh Aparat!... Tapi.. bagus juga sih kalau Pemerintah merasa tersindir.

Sayasuka suara Otong yang cowok banget, dipadu backing vokal Doni & Adam. Terkadang teriakan-teriakan hysteris Otong mampu meredam emosi saya yang lagi badmood. Pokoknya lagu-lagu Koil ibarat charger deh.. buat saya. Saya ga' akan pernah bosan sampai kapanpun.

Impian saya untuk bertemu Koil terwujud. Ketika Anak saya dan teman-temannya dari SMUN 1 Pamulang mengadakan Pensi di Bulungan. Selain menggelar Konser Musik Rock, Koil diundang sebagai tamu kehormatan. Tanpa sepengetahuan Anak saya, saya datang bersama Anak saya yang terkecil

Puaass... banget!! Saya bisa nonton langsun Koil manggung! ada 8 - 10 lagu yang dibawakan dengan nyentrik; baik dari segi kostum, gaya dan penampilan mereka. Menurut saya, semua personil Koil itu punya kharisma masing-masing. Di panggung.. saya tidak melihat mereka tersenyum.. tapi.. jutek juga engga'. Ada unsur kesengajaan atau tidak.. hal ini malah membuat karakter Otong jadi paling menonjol.

Dengan jubah dan sepatu bootsnya Otong kelihatan begitu keren dan seksi. Sambil meliuk-liukkan tubuhnya, sesekali mengibaskan rambutnyayang tergerai ikal... bagaikan Leak Bali.. Sungguh sangat nyentrik dan unik penampilannya.

Saya berharap: Koil jangan sampai Bubar!! Walaupun jarang main di TV, namun masih bisa tour ke berbagai daerah. Setidaknya bisa menghibur para fans'nya. Banyak lho diantara teman Anak saya yang ngefans berat sama Koil. Mereka menamakan diri mereka Tenko (Tentara Koil). Biasanya kalau Koil manggung di Jakarta, mereka konvoi dari rumah saya. Kalau sudah ngumpul bisa sampai 20 orang.. Dibela-belain tuh.. mereka nabung untuk beli t'shirt Koil.

Pernah nih mereka janjian ketemuan di rumah untuk nonton Koil di Indosiar. Karena keasyikan main gitar & sebagian nyanyi lagu-lagunya Koil.. sampai lupa waktu. Akhirnya sampai di Indosiar pas Koil yang manggung.. hanya membawakan 1 lagu.. Tapi.. Sayayang waktu itu sengaja nonton dari rumah ikut bangga karena kostum dan atribut yang mereka pakai tidak sia-sia.. Tulisan Koil di t-shirt bagian punggung tersorot kamera jelas banget..

Pokoknya setiap Koil manggung di Jakarta, dari mulut ke mulut selalu nyampe informasinya, kalau ga' melalui SMS.. ya.. Samperin aja! Malah ada yang dari luar kota nginep di rumah agar bisa nonton Koil rame-rame. Bagisaya hiburan banget, melihat mereka begitu kompak, begitu semangat dalam kebersamaan. Sayang, saya bukan hidup di zaman mereka.

Suatu hari saya pernah dibangunin Anak saya, karena ada Otong bersama Tukul di Empat Mata.. Waah.. saking keburu-burunya sampai kaki saya kesandung meja! Tapi.. maaf, saya sedikit kecewa; penampilan Otong koc jauh berbeda.. Rambut Otong koc direbonding? Bukankah lebih keren ikal?

Terus pernah juga saya dibangunin Anak saya, gara-gara ada iklan rokok yang baru tayang.. disitu ada Otong. Sayang sekali iklan tersebut sekarang terpotong, jadi saya kecewa lagi karena Otongnya ikut terpotong.

Oo..yha! Saya pernah lho dapat hadiah ucapan :
"Happy Valentine & Happy Birthday" dari Otong... koc bisa yaa? Alhamdulillah.. karena kecintaan Anak saya.. di Hari Ultah saya yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Anak saya sengaja memberi hadiah 1 Keping VCD.. yang isinya Liputan Koil, yang lagi manggung disebuah Caffe di Jakarta. Dan di akhir acara : Otong ditodong anak saya untuk ngucapin "Happy Valentine & Happy Birthday" buat saya. Untuk selanjutnya dikahir ucapan tersebut Otong menambahkan do'a-do'a yang saya yakin benar-benar tulus.. dan pada waktu itu langsung di Amin'in oleh personil Koil yang lain.

Suprised!!!
sesuatu yang tidak pernah terpikirkan oleh saya, ternyata bisa saja terjadi di depan mata.

Yaa.. kalau Tuhan sudah menghendaki, siapapun tidak bisa menghalanginya. Dan jika ucapan & do'a Otong itu sebuah kebaikan dan keikhlasan.. Semoga saja Tuhan juga akan memberikan kebaikan, kesehatan, keselamatan dan keberkahan bagi Otong dan semua Personil Koil beserta Keluarga masing-masing... Amin.. Amin.. Amin..

Kalau ada Ibu-Ibu yang suka lagu-lagu Koil.. itu adalah Saya!
Saya sangat menghargai kreativitas & kepribadian mereka.
...Sukses ya.. buat Koil....!!


Salam dari saya :
Megalomam... Hhe..he..he...

Merry. 09/02-2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar