Senin, 18 November 2013

artwork koil sangat keren

oleh Feransis

Artwork dari kaset atau cd sebuah band selalu menarik bagi saya. hal tersebut merupakan suatu privilege bagi saya yang tidak akan saya dapatkan bila membeli kaset atau cd bajakan, atau hanya mendownload di internet. ada beberapa band indonesia memiliki artwork menarik bagi saya, antara lain adalah koil, seringai, teenage death star, komunal, homicide. band band yang saya sebutkan tadi tahu benar cara membangun citra lewat artwork yang mereka baik dalam album, video klip, dekorasi pertunjukan atau merchandise.

saat ini saya akan mencoba menuliskan kekaguman saya terhadap artwork salah satu band di atas yaitu koil.

kemarin ketika saya sedang merancang panduan papercraft megaloblast untuk lorong, fanzine koil, saya sempat bertanya kepada ashari panji apakah gambar gambar yang saya tambahkan yang saya buat ini menganggu. jawab dia, "ga papa. kan emang design koil menggangu." dan saya berpikir betul juga, design koil selalu menganggu, mungkin karena itu saya selalu tertarik kepada band itu.

citraan futuristik religius satanik yang vulgar, mungkin itu bagaimana saya menyimpulkan artwork yang selalu dipakai koil. pentagram, cawan, perempuan bugil atau saling berciuman, robot robot, peralatan elektronik adalah beberapa stok gambar yang sering dipakai koil sebagai artworknya.

saya jadi ingat betapa waktu saya smp, saya bersemangat sekali belajar photoshop untuk membuat foto saya menyerupai muka denise richards pada sampul kaset megaloblast. dan sempat terkejut dan mengalami kontraksi mendadak melihat gambar gambar lainnya di sampul kaset itu. band ini memang mengganggu tatanan norma dalam tiap artworknya.

adalah otong, vokalis band ini, yang sebagian besar merancang artwork artwork buat bandnya. menurut kabar burung, dalam mengerjakan artwork megaloblast, otong memperhatikan sekali detail gambarnya. jika kamu perhatikan gambar gambar perempuan yang saling berhubungan lidah di megaloblast, gambar gambar itu terpecah pecah seperti butiran butiran kristal. sebenarnya saya belum pernah mencoba, mungkin ini bisa pakai filter photoshop, tapi menurut burung yang memberi kabar tadi, otong berhari hari menyiksa komputernya waktu itu, demi menghasilkan gambar gambar seperti itu, yang kata burung itu lagi pas sekarang otong mau buat gambar dengan efek seperti itu lagi dia malah geleng geleng dan malah membonding rambutnya.

artwork album blacklight shine on (tahun 2007, 6 tahun setelah megaloblast) juga lumayan keren. dari luar koil terlihat sebagai band tua dan mapan. tapi booklet berisi lirik dan segala kredit di dalamnya sangat kacau, terlihat sangat setia dengan etos d.i.y. dengan teknik copy paste ala sex pistols, walaupun terlihat sangat photoshop juga si.

ternyata ada versi sampul lain dari album ini, blacklight yang benar benar black.

dan yang paling mengejutkan saya adalah mendengar rencana rilis ulang blacklight. pertama yang bikin saya terkejut adalah tentang label yang tertarik merilis ulang album itu, yang nanti klo jadi kalian bisa tau sendiri. tapi yang paling seru ketika burung yang saya ceritakan tadi memperlihatkan kepada saya rancangan artwork buat album rilis ulang itu. dan, ya oh tuhan, ini sangat ngetot brilian.

otong benar benar menggunakan teknik copy paste dalam arti yang sebenar benarnya. dia mengunakan benar benar menggunakan selotip kertas untuk menempel satu foto dengan foto lainnya, tidak seperti di album blacklight versi 2007 yang menggunkan photoshop. selotip bening juga digunakan secara liar untuk menambah efek efek kekacauan.
     
saya tidak pernah melihat artwork koil yang memakai tulisan tangan, kecuali kaos negara bodoh yang ditulis de al, anak otong. dan mungkin merupakan lanjutan dari itu, otong sekarang menampilkan lirik dan pantun pantun jenakanya dengan tulisan tangan, dengan gaya tulisan yang sangat janggal menurut saya. otong bahkan menggambar burung garuda pancasila dan beberapa dinosaurus.

sampulnya agak mirip, tapi sebenarnya berbeda, karena ada garis garis halus di latar belakangnya, dan ditambah peran selotip bening yang ditempel secara kacau.

sebenarnya saya penasaran dengan dengan alasan otong melakukan ini semua, apakah ini semua merupakan lelucon untuk label yang mau merilis album ulang blacklight. kata burung sumber saya, otong sekarang sudah tidak puas pada kemampuan photoshopnya, maka dia mengerjakan artwork koil kali ini secara analog.

saya pun tidak berhenti terkagum kagum pada segala sesuatu yang otong dan koil kerjakan pada artwork mereka. klo kata wikipedia band ini berdiri tahun 1993, berarti tahun ini band ini berusia tujuh belas tahun. band ini bisa dibilang dewasa dan cukup mapan dengan usia segitu, namun ini tidak menghentikan mereka untuk berbuat kegilaan kegilaan yang selalu mengganggu bagi saya.

klo kata penutup yang sering dipakai fans fansnya adalah "vive le koil!!", mungkin itu jugalah yang akan saya pakai untuk menutup kesok tahuan saya ini.

vive le koil!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar