Senin, 18 November 2013

interview : Leon Ray Legoh

oleh : bersamasama

mulai seneng masak kapan..
taun berapa itu ya.. pas ngebuka ini lah.. mungkin 2001 2002

kenapa coba lari ke masak?
soalnya pengen bisa maen band terus.. kalo ngikutin kuliahan gua dulu di (fakultas) Hukum, cuman kalau kesana kan berarti gua terikat jadwal.. nah gua pengennya bisa ngejalanin dua-duanya.. maen band terus jalan..

sama karir pribadi..
he eh... dari dulu punya cita-cita sih.. pengen punya restoran.. nah kebetulan di taun-taun segitu ada tawaran.

pernah belajar di tempat kursus memasak?
belajar di rumah aja sih.. belajar sama istri gua.. eh dulu belum jadi istri gua sih.. udah itu yaa.. liat-liat orang masak aja sih..

kalau menu yang pertama kali dibuat apa? masih inget ga..
eu.. rica-rica.. soalnya itu yang.. di rumah gua hampir setiap hari makannya itu.. jadi itu yang paling gampang gua tanya...

kalau disuruh milih.. mending farah quinn atau rudy choiruddin?
buat diapain dulu...? hehe.. duaduanya belum yang gua cobain masakannya.. kalau diliat tampangnya ya mending farah quinn lah...

okeh sekarang geser jalur musik.. awalnya kenapa milihnya dram..
seinget gua mah kakak gua sih yang nyuruh.. dulu kakak gua juga maen musik, dia maen flute.. nyuruh maen musik juga.. pengennya mah belajar piano ya.. tapi kayaknya gua kurang tanggap sama nada.. maen aja dram katanya gitu.. bokap gua tau, gua dibeliin dram..

pertamanya kursus atau otodidak belajar sendiri?
kursus. sering sih gua kursus.. sampai tahun lalu aja gua masih kursus. untuk dram..

kalau pas kursus itu ngambil aliran apa?
di awal-awal mah standar ya semuanya.. pas grade 1 mah biasanya pada seneng nguasai semuanya.. lulus grade 1, gua udah ga nerusin.. gua pindah-pindah aja.. belajar disini.. disini.. ada tempat kursus baru, pindaah.. gitu

selama ngedram.. musik dari band luar atau lokal, yang paling berpengaruh.. apa aja?
gua tuh jarang dengerin musik masalahnya euy..

dapet ketukan-ketukan nada, ya kadang kan ada beberapa lagu koil ada yang ganjil..
sebenernya kalau si influence musik mungkin hanya sampai gua SMA kali yah.. ya kuliah awal-awal masih gua dengerin.. kesananya udah ga begitu ngedengerin musik juga.. terakhir-terakhir juga pas si koil baru mulai, nah anak-anak mulai ngejejelin banyak lagu ke gua.. soalnya sebenernya, gua kurang seneng juga sama musik sih.

kalau misalnya ketukan-ketukannya.. biasanya dikerjainnya bareng-bareng.. kadang  gua ada ide, doni ada ide.. adam ada ide.. jadi pas maen, kira-kira gini.. nah sekarang dramnya mau diapain.. paling sering sih antara saya dan doni... sesekali adam merubah..

akhir-akhir ini tuh kayak gini, pas gua mulai lebih intens di masak, gua udah ga pernah maen dram lagi.. jadi satu-satunya cara paling gampang adalah mencontek dram orang.. jadi ada lagu kaya gini.. oh mau tipe dramnya kaya gimana.. oh kaya lagu ini.. baru dibuat.. jadi emang setelah megaloblast lah ya.. itu dramnya memang kita ngambil aja semua.. gua tinggal kopi.. dramnya jadi seperti itu..

cerita menarik selama manggung..
mungkin pas maen di ulangtahun slank itu.. jadi selama ini gua maen selalu pake sampling.. nah ternyata, di gua (headphone) nyala.. di anak-anak ga nyala.. ya jadi di saat anak-anak kebingungan dengan ga adanya sample.. gua asik-asik aja.. akhirnya masuk, lagu berjalan seperti biasa.. cuma anak-anak kebingungan.. gua baru taunya pas turun panggung.. jadi gua senang sendiri, serasa 'oh udah sukses nih, udah bisa ngebawainnya beres' jadi emang dulu kita latihannya cuma pendek.. nah tapi anak-anak keluar dari panggung tuh bete semua, kenapa pada kesel? nah itu samplingnya ga jalan.. oh, di gua mah jalan..

hahahaha..
ya paling menarik mah itu kali ya, selain.. dulu di awal-awal si otong sering nabrak-nabrakin dram gua.. jadi gua lagi main, gua meleng dikit.. tiba-tiba hanya tersisa bass dram sama snare aja.. jadi gua kan suka meleng sedetik, tiba-tiba semua barang didepan gua hilang.. itu di saparua dulu.. banget.. mungkin kedua kali kita manggung.. tiba-tiba si otong..  dia kan udah bilang  dari awal 'Le gua mau ngancurin dram' .. 'oh iya..' gua sangka dia cuma main-main.. tiba-tiba.. baru lagu keberapa.. atau mau lagu terakhir ya.. gua juga lupa.. tiba-tiba ya itu, dram gua ilang semua...

jadwal masak sama jadwal.. mungkin aransemen lagu.. pernah ngerasain ada bentrok ga?
memang selalu bentrok, waktu blacklight mulai, itu gua belum punya koki.. jadi emang semua harus ditangani sendiri.. trus sempet gua disuruh cuti dulu untuk ngga masak, dan beresiko pendapatan menurun.. tapi akhirnya ga jadi gua lakukan.. akhirnya yaa kan session latihan sama rekamannya itu malem.. (memasak sampai jam 9) istirahat sejam.. jam 10 kita mulai.. memang cukup melelahkan ya.. paling beres itu jam.. sekitar jam 6 pagi.. saat-saat itu memang beratnya gua harus ya belanja iya, masak iya.. saat-saat yang paling berat.. ngga bentrok.. cuma padet.. malem beres, jam 10 harus udah mulai rekaman si blacklight.. sampai pagi..

kalau menurut om Le sendiri, rekaman yang paling sulit diantara beberapa album koil..
megaloblast yah.. megaloblast itu menurut gua 'kalo ini album bisa sampai beres, itu udah  keajaiban' gitu..

emang kendala-kendala dalam ngejalanin rekaman megaloblast
ah itu mah.. sangat rumit, karena kitanya juga masih bodo.. alat-alatnya juga masih sangat sederhana.. waktu itu gua harus ngeganti sound satu-satu dengan sound yang gua mau.. kalau sekarang ganti sound mah tinggal klik-klik..klik.. dan komputer yang ngaco.. monitor yang selalu rusak di rumah si otong.. kan jadi, session rekamannya banyak di rumah gua, session editingnya biasanya dikerjain di rumah si otong.. ada rusak ini, harddisk rusak.. itu kan ngerjainnya lama banget.. makanya gua bilang.. kalau album ini bisa keluar itu sebuah keajaiban..

dulu tuh yang suka balesin surat-surat dari fans, om Le bukan?
eu.. biasanya gantian.. biasanya digilir, sekarang bagian siapa, sekarang bagian siapa, cuma yang lebih sering ngurusnya akhirnya gua, karena gua yang pegang kunci p.o.box. karena dulu mah basecampnya di rumah gua juga, jadi semua data-data ada di komputer gua..

surat atau barang yang paling aneh yang pernah dikirim sama fans..
prakarya-prakarya ga jelas.. dulu ada fansnya si bobi, suka ngirim-ngirim barang aneh.. ya bukan aneh juga sih, biasa aja .. cuma aneh menurut gua kalo orang ngirim prakarya ga jelas.. ada juga yang ngirim tulisan-tulisan.. kaya diarynya dia.. kaya gitu..

selama ini pernah ga nemuin fans yang maniaknya lebih-lebih.. ngelakuin hal ekstrem gitu..
belum ada yang gimana-gimana banget yah, kayanya mah biasa-biasa aja, dan juga.. udah lupa juga yah.. soalnya banyak yang aneh-aneh teh di periode album pertama sampai sebelum megaloblast. itu banyak yang aneh-aneh.. kalo kesini-sininya mah biasa-biasa aja.. menurut gua kalau ada fans yang selalu nonton kita manggung.. itu menurut gua aneh, karena, apalagi repertoar koil mah gitu-gitu keneh.. jadi gua heran, ini orang mau nonton apa ya? yang ditonton apa? menurut gua itu aneh, cuma masih dalam taraf yang biasa.. kalo misalnya jaman dulu lebih banyak yang aneh-aneh.. ngirim-ngirim sesuatu ke kita, kalo lu kan ga pernah ngirim sesuatu ke gua kan? nah tapi kalo saat itu memang banyak, ada yang  ngirim penghapus, sleper, yang kaya gitu-gitu.. cewe tuh biasanya..

ya sekarang mah udah eranya informatika..
he eh.. jadi emang beda..

dulu kan ada kkk.. kalau menurut om Le, enaknya atau bagusnya.. seperti dulu lagi, sedikit terorganisir atau kaya sekarang aja.. ga perlu ada..
sebenernya itu teh.. si kkk itu proyek gua, sama si siddi. jadi saat itu teh lagi.. si koilnya ga jelas arahnya mau kemana.. yaudahlah kita coba aja buat aja.. 'biar gua aja yang ngurus'.. di jaman-jaman segitu yah, gua juga lagi seneng-senengnya untuk bermain terus tiap hari.. itu di tahun berapa ya?

2004..
2004... nah saat itu perkiraan gua hanya mau masak, maen band ga ada di pikiran gua.. soalnya saat itu si koil mah sedang.. kadang ada kadang engga, kadang ngerjain album kadang engga.. akhirnya ga terorganisir untuk pembuatan si kkk itu, jadi kita cuma bisa nerbitin 1 edisi.. dan pendaftaran (terus jalan) akhirnya gua... 'gua ga sanggup euy kalo kaya gini'.. kalo ngerjain fanzinenya bisa, si otong.. tapi untuk mengorganisir si fans club dengan benar-benar, saat itu gua ga sanggup... (pas ditanya) 'dikerjain lagi ga?' ..(dijawabnya) 'ah nantilah.. nanti lah..'.. pas kemaren maen di saparua makin kesini makin banyak orang-orang yang senang sama kita, sempet kepikir lagi.. 'wah kalau kita buat lagi si kkk lebih serius gimana ya?'.. cuma itu, gua takutnya mengecewakan lagi temen-temen kaya dulu, saat gua.. buat aja 1, dan akhirnya gua tinggalin.. karena gua ga serius ngerjainnya.. nah itu gua mau hal itu terulang lagi.. sekarang, ah udah lah biar si anak-anak itu buat sendiri-sendiri aja, kita mah hanya nampung aja, atau kalau kita bisa  bantu.. ya kita bantu.. tapi kalau kita yang mengorganisir, waktu buat kerja sama maen band aja, udah padet.. kalau sekarang buat terjun langsung.. 'wah kayanya sulit deh, ga bisa..' makanya gua seneng kalau misalnya ada boit, mastri.. yang ngebantu, sangat membantu buat kita.. karena pada akhirnya kita ga sanggup..dulu tuh kita emang muluk-muluk untuk membuat si kkk itu..

banyak temen-temen pada nanyain vidioklip matahari.. punya ga om?
waktu itu sempet bongkar-bongkar.. nemu, tapi kayanya bukan juga, jadi kita juga  ga tau filenya itu ada dimana..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar