Senin, 18 November 2013

Aku Bisa Diselamatkan

Oleh: Alvin Bahar

Kalo dibandingkan dengan pernak-pernik Koil yang dimiliki fans-fans Koil lain yang pernah saya baca di Lorong Zine terdahulu, bisa dibilang ‘keimanan’ saya kepada Koil masih belum ada apa-apanya. Saya Cuma punya satu Kaos dan satu CD yang sudah dilegalisir sama Otong Koil plus satu foto bersama Otong. Show Koil pun banyak yang saya lewatkan. 

Bahkan konser tunggalnya, juga saya lewatkan.

Tapi saya punya hal yang lebih penting yang diberikan oleh Koil kepada saya, yang mungkin tidak semua Koil Killer mendapatkannya. Koil merubah pola pikir saya. Saya dulunya adalah orang yang suka protes, suka komplain , waktu SMA pernah demo, kuliah (hampir) buat demo doang, suka ngatain band-band kayak kangen band, dll. Untungnya saya mulai aktif dengerin Koil sejak kelas 3 SMA (sebenernya udah denger sejak 2003, tapi belum ngefans). Kuliah saya jadi serius deh.. karena Koil mengajarkan saya untuk survive, bukan protes.

Buat apa kita protes kalo ga ada hasilnya? Mendingan kita belajar untuk menyelamatkan diri sendiri. Daripada protes tapi ga selamat? Begitulah kira-kira kalimat yang Koil ajarkan kepada saya. Lagian kalo protes cape, bikin gondok, cepet tua. Ya kan?

Selain itu Koil, terutama  Otong, juga ngajarin saya buat menghargai karya orang lain. Sebelumnya, saya Cuma suka musik metal-metal/rock gitu deh.. ngeliat ST12 & Ungu di TV, saya marah trus ngehina-hina mereka di Facebook, join grup anti band melayu, dll. Saya juga sempet kesel pas liat Koil kolaborasi sama Ahmad Dhani.

Tapi setelah baca “khotbah-khotbah” Otong di twitter, saya jadi sadar. Musik itu kayak makanan favorit, kalo kita suka jengkol tapi temen kita suka pete, apakah kita harus maksa temen kita tersebut untuk makan jengkol? Nggak kan? Lagipula, buat apalah kita menghina-hina band-band mainstream. Emangnya kita siapa?

Gara-gara si Otong pula saya jadi dengerin A-Ha. Sebelumnya saya anti sama musik-musik new-romantic kayak gitu, hahaha. Ya, anak-anak Koil itu meskipun di twitter bahasanya  suka aneh-aneh tapi kalo dicermati ada benernya juga.

Hmm.. apalagi ya? Wah sebenernya masih banyak sih yang bisa diceritakan tentang saya dan Koil ini. Tapi daripada menuh-menuhin halaman dan yang baca bosen.. udah segini dulu aja yah.

Ingat, kita dapat diselamatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar