Senin, 18 November 2013

Interview Onezhan

oleh Galih Adhityo

Dapet tugas menginterview salah satu jenderal koil killer lumayan bikin saya grogi.Permen karet malah bikin gugup.

Pertanyaan mendadak blank. Inilah sekelumit tanya jawab saya dengan salah satu seniman berbakat yang mengaku ketuban istrinya pecah dan putranya lahir kedunia saat diiringi salah satu lagu instrumental koil, lorong.

G: ud pernah baca lorong?
O: suka gua. Pasti gua download terus. Sekarang ketiga yah.Biasanya si boit tuh yg suka ngasi tau kalo ud terbit.Yg paling bagus yg kedua yah. Cm itu yg gua print. Haha.

G: pertama kali kenal koil kapan?
O: 95an lah. 97-98an gua ud punya kasetnya. Kalo bandung kan punya saparua tuh, kalo jakarta jaman segitu poster cafe yg oke. Nah waktu itu gua dateng ke poster, jaman dulu kan banyak lapakan undergroundyg jual kaset band gitu, ada yang jual kaset Koil ternyata, nah waktu itu gua beli selftitle-nya. Melihat live mereka di lamborghini, lalu Pasar seni ITB 2000 yang paling berkesan. 

Disitu membeli Ripple saku,warna kuning, yang ada wawancara Koilnya. Lalu dihadapan, Koilnya nyanyi. Otong dreadlocknya di‘bleach’ warna putih seperti Rob zombie.Cuma satu lagu, lalu speaker dimatikan panitia, karena ada audiens yang naik tiang dan mulai bakar-bakar baju. Kalo pertama kali kenalan, waktu mereka main di saparua, ini ada pemandangan dashyat nih. Waktu itu gua dateng dari jkt khusus ke bdg  buat ngeliat mereka. Disana emang penontonnya brutal kan. Kelar main, mereka ke backstage. Pintu ditutup. Udah kayak artis aja waktu itu. 

Dan gua dibukain,dibawa masuk sama Siddi. Gua masuk, si otong lagi duduk di kursi gak pake baju (karena bajunya dibuang ke penonton,yang dapet cewek abg gue inget), dikelilingin orang dan kru yang duduk dibawah dia, udah kayak perjamuan gitu. Itu buat gua waktu itu secara visual ya visual yang aneh, juga langka. Akhirnya disitu gua dikenalin oleh Siddi sama Leon,Otong,Doni, Imo.

G: sbg orang yg sudah tau dan kenal Koil dari awal, kirakira hypenya si koil tuh kalo menurut lo lebih di megaloblast atau blacklight?
O: hype? Megaloblast itu kan sempet dinobatkan jadi salah satu album indie terbaik yah waktu itu. Kalo blacklight, yang saya tangkep itu adalah benefit dari keberhasilan manajemennya, karena terus terang blacklight lumayan ngebuka market koil yang baru. Karena saya pernah kerja di PH/EO, terus terang strategi kayak blacklight itu emang diperluin buat sebuah band. Klo gak,  ya selamanya mereka akan cuma jd band pure indie. Karena terus terang blacklight itu membuka fans-base yang jauh lebih besar daripada megaloblast. 

Tapi kalo ngeliat dr segi pengakuan, gua rasa si megaloblast itu ditulis dimana-mana.Dan secara ga langsung ya banyak diakui.Saya kurang tau yah kalo segi pengakuan si blacklight ini sekarang. Kalo memang sudah diakui berarti lengkap sudah, secara jumlah fans baru dan pengakuan publik itu sendiri. Yah kemudahan akses internet ditambah manajernya yang orangnya juga sangat jualan gitu haha sangat membantu si koil itu sendiri…

G: Ngomogin soal art, yah dulu kan lo pernah bikinin mereka patung yah? Bener?
O: iya, ceritanya tuh taun 2003 gua ngasi ke mereka. Sebetulnya sih waktu itu gua bikin buat sendiri dulu, datang ke Omuniuum lama, ketemu Otong dan minta ditandatanganin. Trus ngomongin action figures hobi kita, lalu ke patung tibatiba dia bilang " bikinin gua, ne”. Konsepnya itu dari dia: "Gua pengen disalib, ne" akhirnya kita ngobrol via chat/email sejak itu. Akhirnya gua buatin.Salibnya dari figur spawn waktu itu.Basic figurenya dibuat pake clay.Kalo gak salah gua hadiahin pas ulang taunnya. Abis dari situ ga bikin patung lagi, gak tau kenapa… 

Tapi bikin dimateri lain seperti  Lukisan di vinyl/piringan hitam. Jadi gua painting personel Koil satu-satu diatas vinyl dan sempet juga gua bawa pas pameran tunggal gue di Jogjakarta kemaren.Patung itu pernah diliput Kompas Minggu.Dan pernah mau dibeli mas Bre Redana, tapi si Ot ga mau jual.Sekarang patungnya lagi gue pinjem untuk diperbaiki.Kalo sudah,gue kembaliin ke empunya.

G: berbicara sebagai seorang seniman yah, ngeliat koil sbg band yang ga cm jualan musik. Punya vokalis yang kata orang kontroversial.Punya sisi art yang banyak diakui orang. Kalo dari kacamata seniman, gua lebih ke otong yah disini, menurut lo sebagai seorang seniman, seperti apa sih otong?
O: Yang menarik dari koil secara umum aja yah. Mereka itu secara personal, konyol.tapi kalo dipanggung itu chaos. Saya jadi inget pernah nonton koil di Wizard, pas intro nya dulu jaman nya ‘Peluk Diriku’. Si otongkan selalu keluar belakangan. Dia pake kerudung/cadar item waktu itu. Total chaos. Penontonnya chaos. Koil nya chaos.Dan itu luar biasa karena Koil yang saya kenal adalah pribadi yang bodor kesehariannya dan bisa berubah 180 derajat di panggung.Itu paradoks buat saya.

G: apa pandangan lo tentang art yang diciptakan Koil selama ini?
O: Mereka sebetulnya punya alat yang biasa aja gitu. Tapi kok bisa gitu pikir saya, keluarnya kok selalu nyaris sempurna akhirnya. Saya jd inget saya pernah memvisualisasikan ulang images si megaloblast di sebuah majalah nasional agar lebih gelap. Kalo dari segi art buat saya mereka berani banget gitu. Nampilin images perempuan di album itu,chic,clean dan dominan putih. Waktu itu saya konsepkan lagi Megaloblast dengan versi mewakili sisi musikalitas mereka.Image yang lebih kasar dan gelap, tapi sekali lagi bagi saya art megaloblast itu memang fenomenal, dan sayanya terlalu general. Dan Ngomongin artwork, saya suka ngoleksi kaos band mereka. Tertarik dengan visual mereka yang penuh dengan pemujaan cewek, reliji dan banyak simbol seperti ngengat, baut, robot... sangat tidak biasa.

G: pertama kali ngeliat kover blacklight, apa yang lo tangkep dari makna kover itu?
O: itu kayak interprestasi mereka. Band ini tuh sebetulnya pengen istirahat aja gitu cuma mereka pengen bangkit lagi.Sebetulnya sebelum bikin album itu gua pernah duduk bareng.Si doni dan otong, tapi kalo dikonfirmasi ya ngga tau ya mereka gimana haha. Gua gatau yah waktu itu gua ga nanya apa apa mereka lantas ngomong "sebetulnya kami pengen bubar, ne. Gua pengen bikin konser tunggal sekali aja abis itu mungkin gua tinggal di europe sm anak gua, doni ngapain gitu" kata otong. Waktu itu gua rasa itulah titik puncak kejenuhan mereka.Karena gua liat mereka benerbener hampa gitu waktu itu.Jadi ya yg gua tangkep ya itu tadi, ‘blacklight’ yang ‘shine on’ itu kaya representasi mereka.Jadi mereka yah harus bangkit lagi gitulah.

G: seberapa jauh pengaruh koil dalam art lo?
O: Koil itu buat gua pernah jadi temen gua dlm tanda kutip yah, pas gua dalam keadaan depressif gitu. Sebetulnya menurut gua, yang menyenangi musik ini cenderung punya experience background yang gelap. Mau tidak mau mungkin lo punya masalah keluarga, atau pribadi lo sendiri bikin masalah. Pas banget sama gua ketika taun 2000 mereka itu jadi kayak "temen" buat gua. dan masa itu memang gelap. Gua kemanamana sendiri.Dengerin musik itu juga sendiri.Dan sebenernya bener juga, yang suka musik ini sebetulnya ‘sakit’.Dan kalo sudah sembuh, kelam itu jadi ketenangan elegan.Secara ga langsung pengaruh itu ada dikarya gua terutama lukisan. Meskipun gua sekarang udah bikin yang childish,surreal… tapi ya ada aja aura‘dark’ yang nyangkut di karya yang susah gua ilangin.

G: Lyric nya si megaloblast kan udah jelas yah antara religiusitas, abstrak dan lainlain kemudian keluar blacklight 7 taun kemudian yang sarat protes, kritik sosial dan sebagainya. Yang lo tangkep apa? Sebuah band yang tadinya gelap dan suram tibatiba muncul lagi dengan amarah, dengan kegagalan hubungan dan kritik sosialnya?
O: sebetulnya kita butuh yang kayak gitu. Kalo gua liat dari blacklight sebetulnya sangat strategis banget.Dengan isu politik krusial.Mungkin momen ini yang menurut mereka pas gitu untuk diangkat.Sisanya ya strategi empat orang itu cerdas itu mengangkat sesuatu.Dan kalopun itu bukan strategi pasar ya artinya mereka menunjukkan bahwa mereka masih punya sense kepedulian gitu tentang republik ini.

G: Menurutlo koil adalah salah satu band jenius di indonesia?
O: mereka?Iyalah.Tapigak mau menjadikan mereka berhala. Kalo kalian adalah fansnya dan menyimpan artefak-artefak mereka dari dulu spt.saya, beruntunglah.Salahsatu milestone band Indonesia yang kharismatis dan mempengaruhi untuk diwariskan. Menurut saya, hidup jadi berarti ketika punya ‘influence’ buat orang lain, meski gak pernah dipikirin…

G: blacklight itu menurut lo, puncak atau turun gunungnya mereka?
O: ya seperti yang gua bilang td di awal. Mereka mungkin mau turun gunung sejak lama.Sebetulnya itu implikasi pergulatan pribadi mereka dari banyak hal.Tapi mereka selalu punya kreatifitas yang belum mau berenti.‘Passion’ berkaryalah yang bikin kita tidak karam...
  
twitter: @onezhan I www.onezhan.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar